Cara Mengatasi Bootloop pada HP Android

16 Likes 2 Comments
mengatasi bootloop android

Setiap tahunya, pengguna smartphone berbasis android terus bertambah. Untuk mengimbangi hal tersebut, berbagai pabrikan smartphone terus berlomba untuk menghadirkan fitur-fitur terbaru.
Meski demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan. Salah satu kerusakan atau masalah yang sering dihadapi pengguna android adalah Bootloop.

Apa Itu Bootloop?

Bootloop merupakan kondisi dimana perangkat lunak yang ada di smartphone mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan sistem operasi, tidak bisa masuk ke sistem pokok. Dampaknya, smartphone yang mengalami Bootloop tidak bisa digunakan, dan hanya menampilkan logo saja.

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan Bootloop. Namun biasanya, Bootloop terjadi karena pengguna melakukan sesuatu yang bersinggungan dengan sistem android. Baik itu melakukan modifikasi, atau hal lainya. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya Bootloop.

Install Mod

Beberapa pengguna sering melakukan modifikasi pada ROM android. Tujuanya, untuk menciptakan tampilan android yang berbeda dari sebelumnya. Namun ternyata, hal ini bisa menyebabkan Bootloop pada perangkat android.

Biasanya, hal tersebut disebabkan karena file mod yang diinstal tidak sesuai dengan ROM yang digunakan. Selain itu, bisa juga disebabkan file mod yang tidak disusun dengan baik.

Flashing Custom ROM

Faktor selanjutnya yang bisa menimbulkan Bootloop adalah flashing custom ROM. Biasanya disebabkan dalvik-cache yang belum terhapus, dan digunakan oleh sistem baru. Selain itu, file Custom ROM yang rusak juga berpotensi menimbulkan Bootloop.

Cara Mengatasi Bootloop

Saat mengalami Bootloop, biasanya kita membawa perangkat ke counter atau service center terdekat. Padahal, mengatasi Bootloop tidak terlalu sulit yang dibayangkan. Bahkan anda bisa melakukanya sendiri dirumah. Selain menghemat biaya, anda juga bisa sekalian mempelajari seluk-beluk seputar perangkat android.

Berikut adalah Cara Mengatasi Bootloop pada HP Android.

Sebelum membahas tentang cara mengatasi Bootloop, terlebih dahulu kita bahas jenis-jenis Bootloop pada sistem android. Secara umum, Bootloop terbagi menjadi dua jenis. Yakni light Bootloop dan hard Bootloop.
Kedua jenis Bootloop ini memiliki gejala serta cara penanganan yang berbeda.

Light Bootloop biasanya terjadi sesekali. Sedangkan Hard Bootloop, terjadi secara terus menerus dan berulang.

Cara Mengatasi Light Bootloop

Light Bootloop merupakan jenis bootloop ringan. Cara mengatasinya juga cukup sederhana. Anda hanya perlu mematikan smartphone, lalu copot komponen seperti baterai, SIM Card, dan kartu memori.
Selanjutnya, diamkan perangkat selama 30 menit hingga 24 jam. Tujuanya, agar perangkat tidak mendapat daya listrik. Setelah itu, pasang kembali baterai lalu coba nyalakan.

Cara Mengatasi Hard Bootloop

Jika light Bootloop tergolong ringan, lain halnya dengan hard Bootloop. Hard Bootloop merupakan kondisi dimana smartphone anda mengalami bootloop secara terus menerus. Ada beberapa cara untuk mengatasi hard Bootloop. Berikut diantaranya.

Wipe Cache Partition

Cara pertama, anda bisa melakukan wipe cache partition. Cukup masuk ke recovery mode, lalu pilih wipe cache partition. Klik Yes, dan tunggu beberapa saat hingga proses hingga selesai.

Factory Reset

Sesuai namanya, factory reset merupakan proses untuk mengembalikan smartphone seperti semula (sesuai setelan pabrik). Caranya, anda hanya perlu masuk ke recovery mode. Lalu pilih Wipe data/factory reset, pilih Yes (delete all user data). Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, lalu klik reboot system now.

Flashing ROM

Jika kedua cara diatas masih belum berhasil, anda bisa mencoba melakukan flashing ROM. Namun sebelum melakukan flashing ROM, anda harus memiliki firmware/stock ROM terlebih dahulu. Pastikan firmware yang digunakan sesuai dengan perangkat anda.
Ada beberapa teknik untuk melakukan flashing ROM. Baik flashing ROM menggunakan bantuan software, atau flashing secara langsung di kartu SD.

Demikian informasi seputar Cara Mengatasi Bootloop pada HP Android, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Terima kasih.

Bagikan yaa :

About the Author: Rizki

Bukan Penulis, Bukan Juga Seorang Bloger. Hanya Manusia Biasa Yang Ingin Bahagia

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *