kenapa .my.id?

19 Likes 4 Comments
kenapa .my.id

Bismillah…

Suatu hari nanti pasti akan timbul pertanyaan kenapa saya menggunakan domain dot my dot id (.my.id), tidak menggunakan .com atau .id saja yang lagi populer saat ini. Sebelum ada yang bertanya, dipostingan kedua ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu domain .my.id bersama induknya yakni .id, sehingga membuat saya jatuh cinta dan memilih menggunakan domain .my.id tersebut.

Apa Itu . ID?

Dot id atau .id adalah top-level domain kode negara untuk Indonesia atau bahasa kerennya Country Code Top Level Domain (ccTLD-ID). Domain .id ini mulai dikelola oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) sejak 1 September 2005 melalui kerja sama antara Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pengelola domain .id (ccTLD-ID). Mulai 1 Mei 2007 pengelolaan domain .id sepenuhnya berada di tangan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk komunitas teknologi informasi di Indonesia. 

Macam-macam domain .id

id – diperuntukkan bagi Warga Negara Republik Indonesia dan/atau Badan Usaha/entitas/sejenisnya.

co.id – diperuntukkan bagi badan usaha/organisasi/entitas bisnis, atau sejenisnya yang berbadan hukum dan beroperasi di Indonesia, yang dibuktikan dengan kepemilikan Akta/Surat Ijin Usaha Perdagangan/Surat Ijin Usaha Jasa/Surat Ijin Tetap (Perdagangan, Industri, Transportasi, Pariwisata atau jasa sejenis lain) baik di tingkat Pusat, Daerah, berbentuk PT (Perseroan Terbatas), PK (Perseroan Komanditer/CV) atau Firma.

net.id – diperuntukkan bagi badan usaha/organisasi/entitas yang bergerak di bidang telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, Seluler/Mobil atau sejenis).

go.id – institusi pemerintah dan sejenisnya. Peruntukan maupun persyaratan Nama Domain go.id diatur dalam Peraturan Menteri yang membidangi Komunikasi dan Informatika.

mil.id – instansi militer. Peruntukan maupun persyaratan Nama Domain mil.id diatur dalam Peraturan Panglima TNI.

ac.id – diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Tinggi/organisasi/entitas yang memiliki izin/akreditasi penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.

sch.id – diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian lainnya, termasuk pendidikan non-formal (luar sekolah) yang diakui oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

or.id – diperuntukkan bagi organisasi sosial, politik, pemuda, kemasyarakatan, perkumpulan, komunitas, himpunan dan sejenis.

web.id – diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas lain.

my.id – diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas lain.

biz.id – diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas bisnis tingkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

ponpes.id – diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan berbasis agama yang bernaung di bawah Kementerian Agama, dan Kementerian lainnya, termasuk pendidikan non-formal (luar sekolah) yang diakui oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

desa.id – Peruntukan maupun persyaratan Nama Domain desa.id diatur dalam Peraturan Menteri yang membidangi Komunikasi dan Informatika.

Mengapa .ID?

Kelebihan nama domain .id yang merepresentasikan ‘idea’ atau ‘identity’ merupakan sebuah berkah tersendiri yang hanya dimiliki oleh nama domain .id

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI – KompasTekno (17/7/2019)

Keuntungan menggunakan .id

penjelasan dibawah ini juga mungkin menjadi tambahan kenapa saya menggunakan domain .my.id.

Dengan menggunakan domain .id lebih muda ditemukan konsumen indonesia dari mesin pencari karena domain .id adalah domain resmi yang dikhususkan untuk website Indonesia.

Dengan menggunakan cc-TLD secara langsung website telah memiliki sasaran spesifik secara geografis. Apabila konsumen yang disasar memang berasal dari Indonesia, maka .id akan membantu mesin pencari untuk mencocokan website dengan konsumen yang melakukan pencarian.

Nahh…. jadii.. dengan postingan berbahasa indonesia seperti milik saya ini, pastilah sasaran utama pembaca di blog ini adalah warga Indonesia tercinta.

Keamanan menggunakan .id

Seluruh domain .ID berada dibawah otoritas Negara Indonesia. Apabila terjadi tindakan kriminal atau kejahatan siber, negara dapat berperan aktif dalam membantu penanganannya.

Sekarang ini kejahatan siber mulai dari penyebaran berita Hoax, prostitusi, penipuan dan kejahatan lainnya semakin sulit kita hindari, untuk itu peran aktif negara pasti sangat kita butuhkan sebagai orang yang aktif di dunia maya.

Kecepatan Menggunakan .id

Lokasinya DNS (domain name server) -nya berada di Indonesia. Sehingga ketika ada perangkat mobile atau desktop yang memanggil website dari Indonesia halamannya akan lebih cepat terbuka.

Siapa cepat dia dapat, hehehe

Mungkin istilah ini cukup menggambarkan persaingan dunia teknologi saat ini, website yang cepat pasti akan memiliki pengunjung yang banyak. website yang lambat akan ditinggalkan pengunjungnya.

Kenapa Menggunakan . My.Id?

Apa itu .my.id?

Domain .my.id adalah salah satu top level domain di Indonesia yang diperuntukkan bagi perorangan, organisasi atau entitas lainnya. Domain .my.id sendiri merupakan singkatan dari “My Indonesia”, bahkan bisa juga diartikan sebagai “My Identity” dan “My International Domain” seperti yang disampaikan oleh ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo pada laman web pandi.id.

Kenapa .my.id?

Setelah cukup lama berkelana di dunia Informatika hingga masuk hutan keluar hutan, sebenarnya dulu saya pernah punya blog sendiri (blogspot) akan tetapi dibiarkan begitu saja. Setelah itu, saya juga pernah mencoba menggunakan wordpress.com yang sempat memilik beberapa postingan tutorial.

Rizkyibrahim.wordpress.com, ini adalah blog di jaman kuliah dulu (masih aktif, silahkan dicek). Mungkin karena desakan tugas kuliah, makanya ada sedikit postingan, hehehe. Bahkan dilanjukan dengan membuat blog menggunakan domain sendiri. Yess…  rizkyibrahim.web.id, itu pertama kali memiliki website dengan domain sendiri. akan tetapi setelah lulus kuliah dan menjadi pengangguran, domain ini tidak sempat diperpanjang. Sedih dan menyesal.

Kembali ke laptop. Setelah banyak membaca, akhirnya pikiran ini mulai tertarik lagi untuk belajar dan belajar. Sempat bingung menentukan nama domain yang ingin digunakan, bahkan sudah membeli domain .com dengan nama yang lain. 

Peningkatan pengguna internet di Indonesia, yang saat ini didominasi oleh kaum milenial berbanding lurus dengan target pemasaran Nama Domain my.id yang diperuntukkan untuk website personal, pun bisa untuk digunakan sebagai aktivitas bisnis. Hal ini yang menjadi keunggulan Nama Domain my.id, karena bisa digunakan siapa saja untuk mengekspresikan diri dengan tulisan, blog, bisnis online, bahkan email pribadi. Selain itu Nama Domain my.id mudah diingat dan bisa merepresentasikan diri sebagai my identity atau my international domain

Dengan pendaftaran Nama Domain my.id yang sangat banyak belakangan ini, diharapkan kepada masyarakat di Indonesia yang belum memiliki Nama Domain my.id untuk segera membeli, supaya kesempatan anda untuk memiliki Nama Domain berakhiran my.id tidak hilang, karena Nama Domain ini sangat pas dipergunakan sebagai salah satu Nama Domain personal yang efisien untuk merefleksikan diri ke dalam dunia yang serba digital.

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI

Apa yang disampaikan ketua PANDI tersebut mungkin yang mempengaruhi saya memilih menggunakan domain .my.id. coba kalian simak selengkapnya pada website pandi.id dengan judul PANDI: Pertumbuhan pengguna domain my.id meningkat tajam

Atau dapat juga membaca berita gembira lainnya dari PANDI itu sendiri, Sah! Domain my.id Dijual Murah

Pertumbuhan jumlah pengguna internet saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat, indikator tersebut melahirkan potensi besar bagi para pelaku usaha maupun masyarakat luas untuk memaksimalkan seluruh aktivitas dengan mengutamakan website sebagai wadahnya.
“Memiliki website dan Nama Domain sendiri untuk bisnis, ibarat memiliki toko sendiri dengan alamat yang jelas.
Pembuatan sebuah website saat ini diperlukan untuk membuat bisnis kita lebih baik, dan akan semakin baik jika dikolaborasikan dengan media sosial sebagai pendukung untuk mempromosikannya,” ujar Gunawan.

Gunawan Tyas Jatmiko, CRO PANDI

Selain itu, pada saat mendaftarkan domain ini, alhamdulillah nama dengan 3 huruf (iky) belum digunakan orang lain.

Mungkin ini sebagian alasan kenapa saya memilih menggunakan domain .my.id.

Semoga dengan tulisan ini akan membuat kalian yang belum memiliki website/blog sendiri, menjadi tertarik untuk membuatnya. Jika anda masih pemula dan membutuhkan bantuan, jangan malu-malu untuk menghubungi saya, hehehe.

Referensi:

id.wikipedia.org/wiki/.id

pandi.id

Bagikan yaa :

You might like

About the Author: Rizki

Bukan Penulis, Bukan Juga Seorang Bloger. Hanya Manusia Biasa Yang Ingin Bahagia

4 Comments

  1. Article writing is also a excitement, if you know after that you can write or else
    it is difficult to write.

  2. Menarik sekali artikel ini, saya bahkan sudah membeli 3 domain ekstensi .my.id
    tetapi masih ragu dengan apa kelebihan domain tersebut sehingga saya berniat untuk mengganti domain menjadi .com
    tetapi setelah membaca artikel ini saya mengurungkan niat untuk membeli domain .com. thanks

    https://sekode.my.id jika berkenan boleh di nilai blog saya.

    1. keren webnya gan, tapi kayaknya udah di ganti domainnya, hehehe

      Untuk kelebihan menggunakan .my.id sendiri saya gak bisa memberikan penjelasan yang bisa memuaskan, apalagi dibandingkan dengan .com. Tapi kalau agan pecinta lokalan dan ingin mendukung kemajuan teknologi Indonesia dari dunia web/blog, mungkin ini adalah salah satu caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *